30 April 2012

Format File Ebook

Sebagai akademisi yang sering berhubungan dengan pencarian data melalui internet, pastinya pernah atau bahkan sering berurusan dengan Ebook (electronic book, buku elektronik). Berbeda dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office, OpenOffice, dan sebagainya dengan berbagai output format file seperti DOC, PPT, ODT, dll, format file Ebook lazimnya tidak bisa diedit langsung dari aplikasi pembaca (reader). Beberapa format file yang umum dipakai untuk Ebook misalnya PDF, LIT, EPUB, PDB, dan sebagainya. Tampilan file berformat PDF dan semacamnya yang lazim untuk Ebook, biasanya lebih memanjakan mata pembacanya dibandingkan dengan format file pengolah kata.

Berikut link download beberapa software pembaca ebook versi gratis. Software gratisan ini berasal dari beberapa alamat situs/blog, dan khusus PDF reader, link berasal langsung dari situs pembuatnya. Klik pada nama aplikasi untuk memulai proses pengunduhannya.

- PDB maker (252 kb)
- Ereader/ PDB Viewer (3.53 MB)
- LIT Maker Pembuat ebook LIT
- LIT Reader Pembaca ebook LIT (3.48 MB)
- CHM Maker Pembuat ebook CHM (27.3 MB)
- PDF Maker (add on MS Office 2007/2010)
- PDF Reader di sini
- DJVU Maker Pembuat ebook DJVU (4.94 MB)
- DJVU Reader Pembaca ebook DJVU (7.71 MB)
- EPUB Creator Pembuat ebook bertipe epub
- Epub Reader Membaca ebook Epub (4.88 MB)

Tentu saja, sebagaimana buku cetak, kita bisa saja mengutip sebagian atau seluruh isi Ebook, dengan memindahkan (meng-copy atau mengkonversi) ebook ke aplikasi pengolah kata terlebih dahulu. Banyak software yang bisa diandalkan untuk mengkonversi baik dari format file umum Ebook ke format pengolah kata atau sebaliknya. Atau, apabila secara manual, ya tinggal diblog dan dicopy kalimat yang kita kehendaki dari PDF misalnya, lalu kita paste ke aplikasi pengolah kata.

Catatan:
Tulisan sederhana ini saya maksudkan untuk membantu pembaca-pemula yang mungkin bertemu format file suatu ebook yang dikehendaki, namun belum memiliki atau mungkin belum paham cara membuka dan membacanya. Apabila ada kesulitan, silakan isi komentar di bawah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar