24 Februari 2017

TUGAS FILSAFAT OLAHRAGA



TUGAS FILSAFAT OLAHRAGA
Dr. Made Pramono, S.S., M.Hum.

Tugas Makalah
1.  Setiap mahasiswa bertanggung jawab untuk membuat 1 makalah sekaligus mempresentasikannya 
2. Tugas tiap mahasiswa diketik di Kertas A4, MS Word, Times New Roman 12 dengan minimal 3 daftar pustaka berupa buku dan artikel jurnal ilmiah (bisa satu dari Buku Filsafat Ilmu Keolahragaan, dua dari  artikel atau link online), selebihnya bisa referensi selain keduanya (misalnya dari prosiding atau konten website).
3. Sistematika makalah mengikuti gaya selingkung jurnal ilmiah. Makalah menggunakan bahasa Indonesia/Inggris, tetapi khusus untuk Abstrak, harus ada dan dalam bahasa Inggris.
4. Tema rinci artikel:
A. PENTINGNYA BERPIKIR FILOSOFIS BAGI ILMUWAN KEOLAHRAGAAN
1.       Pengantar filsafat (arti, cabang, aliran, kedudukan, periodisasi dll)
2.       Peran Logika dan pemikiran kritis dalam ilmu
3.       Metafisika/ontologi olahraga (keberadaan olahraga)
4.       Epistemologi olahraga (kebenaran dan pengetahuan)
5.       Aksiologi olahraga (nilai dan kemanfaatan)
6.       Prosedur Filsafat: Klarifikasi, kritik, pemeriksaan terhadap praanggapan dan justifikasi
                B. HAKIKAT OLAHRAGA
7.       Hakikat dan signifikansi permainan
8.       Pendefinisian olahraga dan komparasi non-olahraga
9.       Cakupan/jenis olahraga
10.   Filsafat tubuh
11.   Filsafat gerak
12.   Olahraga sebagai sub-sistem sosial
13.   Olimpisme
                C. FILSAFAT SEBAGAI LANDASAN METODOLOGI
14.   Desain dan pengembangan riset Ilmu Keolahragaan
15.   Model positivistik-empirik riset Ilmu keolahragaan
16.   Model fenomenologis riset Ilmu keolahragaan
17.   Model hermeneutik riset Ilmu keolahragaan
                D.  ATURAN DAN NILAI
18.   Estetika olahraga
19.   Etika olahraga
20.   Persoalan nilai dalam Pengobatan dan Doping
21.   Pelanggaran aturan
22.   Sportivitas
23.   Olahraga Elit vs Olahraga Masyarakat
24.   Kepemimpinan olahraga
                E. PEMIKIRAN FILSUF (bebas memilih, kaitkan dengan keolahragaan)
25.   Plato
26.   Aristoteles
27.   Ibn Sina
28.   Ibn Rushd
29.   Confucius
30.   Rene Descartes
31.   Hegel
32.   Karl Marx
33.   Maurice Merleau-Ponty
34.   Michel Foucoult
35.   Luce Irigaray
36.   Nietzsche
37.   ... (tokoh lain)

5.  Softcopy dan slide presentasi makalah diserahkan ke dosen pada pertemuan ke-5 (Maret, mingu pertama).
6.  Slide presentasi juga diunggah ke situs-situs penyedia publikasi online berbahasa Inggris, misalnya
Slideshare.net
youtube
researchgate.com
Academia.edu
7.  Hardcopy diserahkan sesaat sebelum maju presentasi.
8.  Minggu ke-6 Maret mulai dipresentasikan sesuai urutan tema di atas.
9.  Apresiasi khusus dari dosen jika sebelum akhir semester berjalan mahasiswa bisa menunjukkan bukti submit makalah yang telah direvisi saat presentasi ke suatu jurnal ilmiah.

Rekomendasi Referensi: (huruf tebal menandakan sumber utama rujukan perkuliahan)
1.       Holt, Jason. 2013. Philosophy of Sport: Core Readings Paperback. Canada: Broadview Press.
2.       Crowell, S.G., 1998, Sport as Spectacle and as Play: Nietzscheian Reflections, dalam International Studies in Philosophy, vol. 30, hal. 109-122.
3.       Feezell, Randolph., 1989, Sport, Character, and Virtue, dalam Philosophy Today, vol. 33, hal. 204-220.
4.       Haag, H., 1994, Theoretical Foundation of Sport Science as a Scientific Discipline: Contribution to a Philosophy (Meta-Theory) of Sport Science, Schourdorf, Verlaag Karl Hoffmann, Federal Republic of Germany.
5.       Hardman, Alun dan Jones, Carwyn (eds.), 2010, Philosophy of Sport: International Perspectives, Cambridge Scholars Publishing, London.
6.       Komisi Disiplin Ilmu Keolahragaan, 2000, Ilmu Keolahragaan dan Rencana Pengembangannya, DEPDIKNAS, Jakarta.
7.       Kosiewicz, Jerzy, 2006, Philosophy of Sport or Philosophical Reflection on Sport, in Acta Universitatis Palackianae Olomucensis, Gymnica. 2006, vol. 36, no. 2, hal. 53-58.
8.       Kretchmar, R.S.,1994,  Practical Philosophy of Sport,Champaign:  Human Kinetics
9.       Lumpkin, A., dan Cuneen, Jacquelyn, 2001, Developing a Personal Philosophy of Sport, dalam Journal of Physical Education, Recreation, and Dance (JOPERD), vol. 72, no. 8, New York: AAHPERD.
10.   Mantra, Ida Bagoes, 2004, Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
11.   Mcfee, Graham, 2004, Sport, Rules and Values: Philosophical investigations into the nature of sport, London: Routledge
12.   McNamee, Mike (ed.), 2005, Philosophy and The Sciences of Exercise, Health and Sport: Critical Perspectives on Research Methods, Routledge, London and New York.
13.   Meier, K.V., 1995, “Embodiment, Sport and Meaning, dalam William J. Morgan dan Klause V. Meier (ed.), Philosophic Inquiry in Sport, Second Edition, Human Kinetics, Champaign, USA.
14.   Messengale, John, dan Swanson, Richard, (eds.), 1997, The History of Exercise and Sport Science, Human Kinetics, Champaign, IL.
15.   Noerbai, 2000, Filsafat Pendidikan Jasmani, UNESA University Press, Surabaya.
16.   Pramono, Made, 2003b, Dasar-Dasar Filosofis Ilmu Keolahragaan, dalam Jurnal Filsafat, Edisi Juli-Desember Tahun 2003, Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM.
17.   Pramono, Made, 2004, Filsafat Olahraga, Unesa University Press, Surabaya.
18.   Schacht, R., 1998, Nietzsche and Sport, dalam International Studies and Philosophy, vol. 30, hal. 123-130.
19.   Sumaryanto, Joko Siswanto, dan Achmad Dardiri, 2011, Dimensi Aksiologis dalam Olahraga: Relevansinya dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, Mei 2011, Th XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, hal. 28-38.
20.   Weiss, P., 1969, Sport: A Philosophic Inquiry, Southern Illinois University Press, California.
21.   Young, D.C., 1984, The Olympic Myth of Greek Amateur Athletics, Human Kinetics, Champaign, USA.
22.   Pramono, Made. 2015. Filsafat Ilmu Keolahragaan. Surabaya: Unesa University Press.
Baca Selengkapnya →TUGAS FILSAFAT OLAHRAGA

15 Januari 2017

Draft Jadual Perkuliahan Prodi IKOR FIK Unesa Semester Genap 2016-2017

Draft Jadual Perkuliahan Prodi IKOR FIK Unesa Semester Genap 2016-2017 bisa diunduh di sini...
Baca Selengkapnya →Draft Jadual Perkuliahan Prodi IKOR FIK Unesa Semester Genap 2016-2017

23 Desember 2016

Penilaian Konten Elearning bagi Dosen

Berikut ini dirangkum penilaian konten elearning yang diadopsi dari Tim Elearning IDB 7in1. Dosen/tutor bisa menjadikan penilaian ini sebagai penilaian terhadap elearning yang dibangunnya sendiri. Saya tidak menambahkan sesuatu apapun kecuali modifikasi tabel dan isian jumlah (minimum).

Rangkuman penilaian ini juga bisa diunduh di sini.




A. PENILAIAN KOMPONEN:
Komponen
Rincian
Jumlah (minimum)
Cek
Identitas mata kuliah
Nama mata kuliah
1 di pra-babak


Kode mata kuliah
1 di pra-babak


Beban sks
1 di pra-babak


Jenjang
1 di pra-babak


Nama Perguruan Tinggi
1 di pra-babak





Dosen Pengasuh & tutor
Foto
1 di pra-babak


Nama
1 di pra-babak


Email
1 di pra-babak


Ponsel
1 di pra-babak


Profil
1 di pra-babak





Salam pembuka

1 di pra-babak





Deskripsi Matakuliah (duplikasi dari RPS)
Relevansi
1 di pra-babak


Kemanfaatan MK
1 di pra-babak


Capaian Pembelajaran
1 di pra-babak


Cara Belajar
1 di pra-babak





Kompetensi
Peta Kompetensi & Peta Program
1 di pra-babak


Penjelasan level capaian berdasar taksonomi Bloom
1 di pra-babak





Jadwal/Durasi Perkuliahan

1 di pra-babak





GBPP (RPS): Lengkap

1 di pra-babak





Rencana pelaksanaan
SAP
Setiap babak





Rencana Asesmen
Tugas
1 di pra-babak


Latihan
1 di pra-babak


Kuis
1 di pra-babak


UTS
1 di pra-babak


UAS
1 di pra-babak





Bahan setiap babak
Info awal, ringkasan, pemandu, peta konsep
1 per babak


Materi bacaan
1 per babak


Tautan ke sumber lain
1 per babak


Slide presentasi
1 per babak


Latihan, contoh soal, contoh tugas
1 per babak


Video
1 per babak


Flash/animasi
1 per babak


Kuis
1 per babak





Strategi interaksi
Forum diskusi mahasiswa
1 per babak


Chat/vicon
1 per babak


Kerja Kelompok
3 per semester


Upload Tugas
3 per semester


Pengumuman
3 per semester*





Daftar Istilah (glosarium)
Definisi dan batasan kata-kata sukar
(dapat dilengkapi dengan link ke kamus/ensiklopedia elektronik)
3 per semester*





UTS
Soal, tugas, dll
1 per semester





UAS
Soal, tugas, dll
1 per semester





Evaluasi MK
Kuesioner pasca perkuliahan
1 per semester





Pre Test
Jika ada
1 per semester





Post Test
Jika ada
1 per semester



B. PENILAIAN RANCANGAN:

RANCANGAN
Nilai (1-4)
1.    Struktur materi jelas, pokok bahasan dan sub pokok bahasannya jelas, masing-masing ada pengantar, penjelasan dan ringkasannya


2.    Konten disajikan dengan bahasa yang komunikatif, lengkap, dan terdapat tautan-tautan ke situs atau dokumen-dokumen untuk memperkaya konten


3.    Ragam objek pembelajaran (teks, gambar, audio, video, animasi, simulasi) yang dipilih tepat sesuai dengan kebutuhan dan karakter capaian pembelajaran


4.    Tercantum semua referensi yang digunakan, khusus untuk referensi daring disediakan tautan untuk memudahkan pembelajar


5.    Tersedia tautan istilah dan maknanya, daftar notasi, dan daftar simbol, terutama apabila sering disebut dalam teks


6.    Umpan balik bersifat membandingkan kinerja pembelajar dengan kriteria yang telah ditetapkan


7.    Tampilan visual jelas, teks mudah dibaca, grafik dan chart diberi label memadai dan bebas gangguan visual


8.    Perilaku antarmuka konsisten dan bisa diprediksi


9.    Dapat diakses menggunakan perangkat dengan alat bantu ataupun perangkat portabel dan mobile


Baca Selengkapnya →Penilaian Konten Elearning bagi Dosen